Setelah menentukan tujuan penggunaan komputer, tentukan form design atau ukuran yang diinginkan. Model ATX atau casing model tower, model micro ATX atau casing model mini tower. Pilih chipset yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pemilihan chipset sebagai berikut: pilih chipset yang mendukung teknologi processor intel lga 775, ddr2, harddisk serial ata atau sata, dan pilih chipset yang kualitasnya cukup terpercaya seperti intel, via atau sis.

Pastikan motherboard mendukung teknologi processor teknologi terkini, baik teknologi processor intel, maupun processor amd. Perhatikan juga komponen yang terintegrasi didalam motherboard misalnya, vga card, sound card, lan card, atau usb. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli perangkat tersebut. Jelas ini akan menghemat pengeluaran anda. Pastikan motherboard dilengkapi dengan cd driver, terutama untuk komponen terintegrasi. Selain itu pastikan driver motherboard mendukung sistem operasi terkini misalnya mendukung sistem windows xp, vista, linux dan sun micro system.

Pastikan modul motherboard sesuai dengan komponen yang terpasang, misalnya ddr, serial ata atau pci. Untuk mengecek kesesuaian ini silakan baca buku panduan atau manual book motherboard. Pastikan kelengkapan perangkat pendukun motherboard, mulai dari cd driver, buku panduan, kabel data ata, sata dan floopy drive, baut sampai back panel yang digunakan sebagai pelapis motherboard ke casing. Pastikan motherboard mempunyai garansi minimal 1 tahun dari toko ataupun garansi pabrikan. [vivanews.com]

0 komentar:

Posting Komentar